Cerita Mahasiswa Baru UNPAD : Registrasi

Gak berasa ternyata semester 2 udah kelar. Padahal kayanya baru kemaren gue ikutan ospek. Waktu rasanya berlalu dengan cepat, padahal sebenarnya nggak juga, karena sehari tetap 24 jam dan gak ada yang dipercepat. Mendadak semua ini mengingatkan gue, pada masa-masa awal pas gue baru di terima kuliah di Unpad. Oke deh, sudah diputuskan, malam ini gue akan bercerita tentang pengalaman jadi maba mulai dari registrasi, PRABU, Ospek Fakultas, Ospek Jurusan, kuliah semester 1, dan kuliah semseter 2. 

Dimulai dari REGISTRASI

Pertama kali buka pengumuman dan ternyata gue keterima itu rasanya seneng banget, walaupun sejujurnya ada sedikit kecewa karena ternyata gue diterima di pilihan ketiga. Tapi kekecewaan itu tidak berlangsung lama, ya paling enggak kan gue masih diterima walaupun dipilihan ketiga.

Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, gue diterima disana. Sejujurnya, waktu itu gue belum begitu kenal dengan jurusan ini. Gue masukin dipilihan ketiga karena saran dari salah seorang guru. Parahnya lagi, bahkan gue gak tau itu jurusan ada di fakultas apa. Bego kan? iya.

Terlepas dari ketidak tahuan tentang jurusan yang gue ambil, semua itu tidak mempengaruhi rasa bahagia waktu liat pengumuman gue diterima di Unpad. Mendadak gue jadi rajin nyari berbagai informasi yang terkait dengan unpad dan jurusan gue itu. Sampai pada akhirnya gue tahu kalo jurusan itu ada di Fakultas Ilmu Komunikasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan FIKOM.

Tapi itu semua belum menjawab kebingungan yang gue alami. Gue mulai menebak-nebak kira-kira gue bakal belajar apa disana? gimana mata kuliahnya? gimana dosennya? gimana anak-anaknya? gimana seniornya? gimana ospeknya? apa tiap hari gue bakalan ngurusin buku? apa tiap hari gue belajarnya di perpus mulu? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala gue waktu itu. Berbagai macam blog dan website terkait dengan ilmu perpustakaan gue jelajahi. Mencoba mencari tahu seluk beluk dari jurusan itu. Hasilnya bagaimana? Gue masih tetep pensaran dan kebingungan. 

Pada akhirnya gue memilih untuk mengikuti alurnya saja. Tidak lagi memaksakan diri untuk mencari tahu tentang hal-hal yang bikin gue bingung tadi. Karena gue pikir pertanyaan-pertanyaan itu nanti akan terjawab dengan sendirinya.

Singkat cerita datanglah waktu registrasi, gue dateng sehari sebelum resgistrasi dimulai. Rasanya mulai dag dig dug. Gue gak sabar buat liat kampus Unpad kaya apa, karena selama ini yang pernah gue datangi adalah kampus Unpad yang letaknya di Dipatu Ukur, bukan yang di Jatinangor. 

Kampus Unpad Jatinangor. Ya, FIKOM ada disana. Dan gue belum pernah kesana, bahkan nama Jatinangor pun rasanya masih asing ditelinga. Sampailah pada waktu yang ditentukan, sempet janjian buat registrasi bareng sama temen yang gue kenal di facebook dan mulai deket cuma gegara sama-sama maba Unpad. Iya, memang begitulah mahasiswa baru, langkah awal adalah mencari kenalan di media sosial. 

Pas masuk area kampus pertama kali, gue bengong kaya orang bego. Iyalah, baru pertama dateng, gak tau Bale Santika ada dimana, akhirnya minta dianterin sama ojek ke sana. Sampe disana rupanya gue dateng kepagian, pintunya masih belum dibuka. Tapi jangan salah, antreannya udah panjang mengular. Ya, itulah antusias mahasiswa baru. 

Pintu dibuka, berbarislah rapi semua maba dengan pakaian kemeja rapi, bersih dan wangi sambil nenteng map yang isinya berkas-berkas persyaratan. Satu persatu maba mulai masuk ke ruangan setelah mengambil nomor registrasi. Didalam semuanya duduk tenang sambil nungguin namanya dipanggil. Ada juga yang sibuk kenalan kanan kiri, termasuk gue juga gitu.

Akhirnya nama gue dipanggil juga setelah menunggu cukup lama. Gue maju ke depan dengan sedikit berdebar, ngasih map ke petugas, beruntung gak ada persyaratan yang kurang. Selanjutnya gue disuruh pake jas almamater, disana disediakan berbagai ukuran dan gue milihnya yang paling kecil meskipun ternyata yang paling kecil pun masih aja kegedean dibadan gue. Gue disuruh duduk manis manghadap kamera, dan beberapa menit kemudian KTM gue jadi. Taraaaaa.. gue udah punya NPM.

Ini adalah sesi foto buat KTM *tapi yang difoto ini bukan gue*
Berlanjut ke tahap berikutnya, gue jalan berurutan bersama maba lainnya. Ngantre buat ngambil jas almamater, ngambil tas Unpad *tas jinjing warna biru yang ada lambang dan tulisan Unpadnya* di dalam tas itu ada beberapa buku kecil yang isinya panduan lengkap tentang sistem akademik di Unpad, dan terakhir ngambil kartu yang isinya ada nomor kelompok buat PRABU nanti. Dipaling terakhir *jadi sebenenarnya yang tadi belum terakhir*, gue sempetin buat beli kaos angkatan dan jaket Unpad. Ya, begitulah maba. Rasanya belum sempurna kalo belum dapet kaos angkatan dan jaket Unpad.

Jas almamater langkap dengan dasinya.
Proses Registrasi berakhir. Selanjutnya gue, harus mengikuti wawancara dari jurusan *gue gak tahu kalo ini berlaku untuk semua jurusan apa nggak*. Gue di suruh mengikuti akang teteh yang berdiri rapi dengan memakai slayer hijau di tangannya. Gue ikutin akang teteh tadi, dan akhirnya sampailah pada rungan yang ditentukan. Ternyata itu adalah gedung FIKOM. Disana gue disuruh nyatet barang bawaan apa aja yang harus dibawa saat ospek nanti. Beres disana gue dibawa lagi ketempat-tempat selanjutnya. Disana gue ditanya ini itu tentang identitas dan lalala. Dan yang paling terakhir gue diwawancara oleh akang teteh HIMAKA lalu semuanya selesai dan gue pulang dengan perasaan bahagia karena baru aja dapet KTM, jas almamater, kaos angkatan dan jaket Unpad.

Tunggu postingan selanjutnya tentang PRABU UNPAD


Evinervin

Mari berdiskusi, bertukar pemikiran untuk saling menggenapkan.

14 komentar:

  1. gimana rasanya jadi anak Unpad ?
    seru ya ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sekarang udah bukan maba lagi, rasanya jadi makin biasa aja sebenernya haha. Tapi seru juga iya, manis, asem, asin juga udah berasa. Kuliah di Unpad juga kan? Gimana tuh rasanya? :)

      Hapus
  2. crita kakak sama kyk aku aku juga dapat pilihan 3 fikom jurnalistik,aku dari solok sumatra barat,oy ya lupa nama aku al hafiz e sidik,bsok tggl 13-28 juli 2015 dftar ulng online nya,unpad asik ga kak? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku maba unpad dri solok juga,salam kenal ya :)

      Hapus
    2. Aku jg maba UNPAD jurusan sastra Jepang. Salam kenal ya. :D

      Hapus
    3. Hallo Hafiz, wahh anak Fikom juga ya, selamat yaa..
      Kalo ditanya masalah unpad asik atau enggak, sejauh yang dirasakan sampai saat ini asik dan semoga seterusnya juga tetep asik. Nanti juga kalo udah mulai kuliah bakal tau sendirilah, asiknya gimana, manis, asem, asinnya juga ada kok

      Hapus
    4. Kakak pas SMA nya jurusan apa? terus alumni SMA mana? hehe
      ini salah satu strategi mencari info UNPAD :D

      Hapus
    5. waktu SMA saya ngambil IPA, dari SMAN 2 tasikmalaya dek :D

      Hapus
  3. Ka, ospeknya brp hari dan gambarannya kyk gmna ya? Apa sperti MOS dulu yg pakai pakaian aneh2 atau gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ospek apa dulu dek? PRABU? Ospek Fakultas? Ospek Jurusan? Kalo mau tau gambaran umumnya gimana, bisa coba dilihat ada beberapa postingan di blog ini tentang ospek

      Hapus
  4. Kak waktu masuk unpad lewat jalur apa? Aku juga pengen kuliah di unpad ngambil jurusan ilmu perpustakaan.

    BalasHapus
  5. ka jas almamater ukuran S nya besar apa kecil ya?

    BalasHapus
  6. kaa... aku pengen nanya dong, klo penerimaan siswa baru diperkirakan kapan ya ka?

    BalasHapus
  7. Kak mau nanya dong,kira2 ospeknya berapa lama ya kak?

    BalasHapus