Cerita Mahasiswa Baru UNPAD : PRABU


PRABU adalah Penerimaan Mahasiswa Baru  Unpad, alias masa ospek di tingkat universitas. Pada saat PRABU semua mahasiswa baru Unpad dari semua jurusan akan dikumpulkan di satu tempat. Tahun kemeren tempatnya di Stadion Jati Universitas Padjadjaran. 

Pada saat PRABU, kalian akan dibagi kedalam beberapa kelompok. Kemaren gue sempet bilang kan kalo pas registrasi dikasi kartu yang isinya nomor kelompok buat PRABU, nah itu jangan sampai hilang karena akan dipake pas PRABU nanti. 

Di PRABU nanti, gue jamin elo bakalan pusing ngeliat ribuan orang dikumpulin dalam satu lapangan yang sama. Rame banget, sumpah. Tapi PRABU itu adalah kesempatan buat nyari temen sebanyak mungkin, ya walaupun pada akhirnya ada yang terus jadi temen deket, ada juga yang deket pas PRABU doang abis itu ilang entah kemana. 

PRABU menurut gue adalah semacam pemanasan sebelum masuk ke ospek tingkat fakultas. Waktu PRABU bisa dikatakan belum apa-apa. Masih enak, pake banget. Pakaian yang dipake juga gak aneh-aneh. Dress code tahun kemeren cuma kaya gini: 


Putri:
  1. Baju Kemeja putih tanpa badge, untuk berkerudung memakai lengan panjang, dan untuk yang tidak berkerudung memakai lengan pendek
  2. Menggunakan rok SMA abu-abu span panjang atau pendek (panjang rok harus dibawah lutut untuk rok yang pendek)
  3. Sepatu bertali dominan hitam dgn tali warna putih
  4. Memakai dasi UNPAD
  5. Untuk yang berkerudung, mengenakan kerudung segiempat (bukan bergo) warna putih.
  6. Untuk yang tidak berkerudung rambut dikuncir satu kebelakang dan poni dijepit rapi kebelakang.

Putra:
  1. Baju Kemeja Putih tanpa badge, lengan pendek/panjang
  2. Celana abu-abu panjang
  3. Sepatu dominan hitam bertali
  4. Memakai dasi UNPAD

Nahh, kalo barang bawaannya  kaya gini:
  1.  Alat sholat / Alat Ibadah
  2. Obat-obatan pribadi
  3. Makanan Berat + Minum 
  4. Masker (standar lab)
  5. Alas duduk : Karton Putih ukuran 50x50cm disampul plastik rapi & diberi keterangan Nama, NPM, Fakultas, Jurusan, nomor Kelompok 
  6. Alat tulis 
  7. Buku PDKT
  8. Jas Almamater (TIDAK DIKENAKAN TERLEBIH DULU)
  9. Tas Unpad
  10. Air Mentah 1,5 liter dalam botol tanpa label
  11. Beras 3 kilogram 
  12. 3 buah Buku dengan tema (IPTEK, Sosial, Budaya)


SELURUH barang bawaan DIMASUKKAN KE DALAM TAS RANSEL (back pack), kecuali Beras dan Buku yg dimasukkan dalam tas Unpad. Dilarang menggunakan tas tenteng/cangklong/tas cantik.   Ge gak tahu ini masih berlaku untuk tahun sekarang atau nggak. Tapi yang jelas semua hal tentang Ospek akan diinformasikan, tinggal kaliannya aja yang harus anteng mantengin twitter, facebook atau website universitas, semua informasi ada disana.

Itu adalah bawaan dihari pertama, hari kedua bawaan semakin ringan, paling elo bakal dikasi tugas aja, tapi ga susah seriusan. Dan dihari terakir nanti, saatnya elo buat seneng-seneng karena bakal ada student day. Apa itu student day? student day adalah hari dimana elo bakal lihat stand UKM tingkat Fakultas berjajar rapi mengelilingi lapangan. yang harus lo lakuin cuma berkeliling lalu masuk ke UKM apa yang menarik buat lo. Minta form pendaftaran, isi, lalu lanjutkan perjalananmu kawan. 

Ehh, ada satu lagi, waktu student day, tiap kelompok bakal disuruh pake kostum yang unk-unik. Nati, elo bakal liat, gimana gokilnya kostum dari masing-masing kelompok. Gak ketinggalan, ada juga parade dari berbagai UKM tingkat universitas. Asli, itu keren banget. Pokoknya jangan sampai ada yang kalian lewatkan, kalo gak mau menyesal kemudian.

Mau liat gimana kemeriahan student day, coba liat yang satu ini..


Sebenernya masih banyak hal yang belum gue ceritain tentang PRABU, tapi berhubung adanya keterbatasan ingatan dan gue juga udah cape ngetik, jadi ceritanya dicukupkan sekian. Untuk lebih lengkapnya, sebentar lagi kalian para mahasiswa baru Unpad akan merasakannya. 

Berseneng-senanglah di PRABU karena setelah itu ospek fakultas menanti kalian...  
 

Evinervin

Mari berdiskusi, bertukar pemikiran untuk saling menggenapkan.

2 komentar:

  1. ka mau nanya :) ka kalo jurusn akuntansi di ospek fakultasnya dimana?

    BalasHapus
  2. Mau tanya tentang kelompok sahabat dong, itu kelompok tugasnya ngapain aja ya kakk sama alur kegiatan buat kelompok itu apa aja kak?

    BalasHapus