Cerita Mahasiswa Baru Unpad : Ospek Fakultas

Dipostingan sebelumnya gue udah ngebahas tentang PRABU, sekarang saatnya gue untuk menceritakan tentang ospek fakultas. Huawww.. ospek fakultas, kalo menurut gue sih itu jadi salah satu hal yang paling berkesan. Karena apa? karena.. ya gitulah. Tunggu. Jangan dulu berpikir macam-macam. Meskipun memang tidak sesederhana waktu PRABU, tapi ikutan ospek fakultas bakal ngasih banyak pengalaman baru. Dan tentu saja, dengan ikut ospek fakultas elo bakal dapet banyak temen baru. Elo juga bisa lebih kenal gimana seluk beluk fakultas, gimana seniornya, gimana gedungnya, gimana capenya, gimana lelahnya dan gimana-gimana lainnya.

Walaupun awalnya hanya berlangsung tiga hari, tetapi setelah itu masih ada rangkaian yang panjang. Ya, intinya elo harus sabar menunggu sampai malam puncak tiba. Dulu, semua itu membuat gue terus berdoa, "Ya Allah, semoga rangkaiannya cepat berakhir." Tapi setelah gue melewati malam puncak, gue bahagia bukan main. Ada kebahagiaan tersendiri saat gue berhasil mengikuti seluruh rangkaian ospek tanpa ada yang terlewat. Banyak cerita yang bisa gue bagi setelah itu. Banyak pengalaman yang gue dapetin.

Dari ospek gue belajar gimana caranya ngatur waktu. Tentu saja, tugas ospek menuntut gue begadang semaleman dan harus bagun sebelum subuh biar gak telat. Cape? iya. Tapi ternyata tugas kuliah yang sebenarnya lebih dahsyat dari itu. Tidur jam 12 malem udah jadi kebiasaan, bahkan pernah sampe jam 4 subuh tugas masih belum kelar padahal dikerjain dari abis magrib.

Selanjutnya, gue dapet pelajaran tentang ketelitian. Waktu ospek gue dikasih tugas bikin essay yang kemudian dikoreksi abis-abisan. Waktu itu gue pikir, tega banget sih menuntut kesempurnaan tugas dari seorang maba yang baru belajar. Tapi ternyata, lagi-lagi tugas kuliah lebih dahsyat dari itu. Gue pada akhirnya mau gak mau harus berkenalan dengan yang namanya revisi.

Pelajaran lainnya, gue dituntut untuk bisa mengurusi diri gue sendiri. Harus bisa jaga kesehatan. Sesibuk apapun, gue harus bisa sempetin waktu buat makan. Gue dituntut untuk bergerak cepet, gak ada kata lelet. Awalnya gue kesel, kok gini banget ya. Tapi ternyata, saat lo kuliah, itu jadi hal yang belum apa-apa. 

Gue juga belajar gimana caranya bekerja sama. Waktu ospek, elo gak bisa jadi pribadi yang egois. Semuanya harus dilakuin barengan. Elo dituntut untuk kompak, bisa saling merangkul dan mengingatkan. Pokonya semua ditanggung bersama.

Gue akui, waktu ospek gue banyak mengeluh. Capeklah, banyak tugaslah, inilah, itulah, beginilah, begitulah, tapi setelah semuanya selesai, gue baru sadar kalo semua itu ada manfaatnya meskipun tidak sekaligus terasa. 

Ikutan ospek emang cape. Capek segalanya. Menguras banyak emosi juga. Tapi gue rasa elo bakal nyesel banget kalo sampe gak pernah nyicipin yang namanya ospek fakultas. So, jangan pernah lewatkan itu.

Nih, gue kasi cuplikan video pas gue ospek tahun kemaren..


Itu aja sih cerita yang bisa gue bagi. Lebih jelasnya kaya gimana, elo harus ikutan dan ngerasain sendiri gimana sensasinya. Sampai ketemu di postingan selanjutnya tentang Ospek Jurusan.

Evinervin

Mari berdiskusi, bertukar pemikiran untuk saling menggenapkan.

16 komentar:

  1. kak... mau nanya. kalo ospek jurusan dan fakultas masing2 berapa hari? 3 hari?
    makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung bagaimana kebijakan dari jurusan dan fakultas masing-masing

      Hapus
  2. Kak mau nanya kalo kuliah tuh biasanya pulang jam berapa ya? Terutama hari jumat

    BalasHapus
  3. Kakak org tasik?sama kak aku jg org tasik..salam kenal yaa kak,semoga aku trmsuk org yg berentung menjadi salah stu penerus DIIP ini diangkatan sekarang,do'ain yaa kak..aku rencananya mau ikutan sbmptn unpad :) salam hangat kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Mia, sesama warga tasik, jangan-jangan kita tetanggaan ya? oke, gue becanda. Doaku menyertaimu Mia, sekarang tinggal nunggu hasil SBMPTN nya, semoga dapet hasil yang terbaik, semoga di terima di jurusan yang kamu pilih, sampai ketemu nanti di kampus yaa

      Hapus
  4. Kak ospek fakultas bawaannya aneh2 ga? Kaya sma atau smp barangkali??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawaan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, gak aneh kok, semua barang bawaan yang diminta bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kalo ospek disuruh bawa dragon ball dari planet namek, itu baru aneh. becanda deh.

      Hapus
  5. Ka menurut kaka ospek unpad mendidik ga ? Hehehe

    BalasHapus
  6. Ka menurut kaka ospek unpad mendidik ga ? Hehehe

    BalasHapus
  7. Ka menurut kaka ospek unpad mendidik ga ? Hehehe

    BalasHapus
  8. Pengen dehh masuk unpad. gimana yaa..

    BalasHapus
  9. jadi pengen masuk unpad.
    ada saran mbak?

    BalasHapus
  10. kak mau nanya, kok shombhooonnngg amat si

    BalasHapus