Tanya - Jawab USM STAN 2013

STAN udah resmi buka pendaftaran mahasiswa baru. Pasti banyak diantara kalian yang masih ingin tahu lebih jauh, seperti apa sih STAN itu, nih malem ini saya mau share Kumpulan tanya jawab yang paling hangat seputar USM STAN 2013 dan STAN secara umum.

Informasi yang ada di sini telah diverifikasi sebelumnya. Untuk informasi yang masih isu, akan diberi tanda. Kami mengajak teman-teman untuk kritis dan berpartisipasi. Akhir kata, semangat!

[STAN SECARA UMUM]
1. Apakah STAN masih ikatan dinas? 
STAN masih ikatan dinas. Sebagaimana dikutip dari website STAN.AC.ID:

Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Lulusannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun. Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. STAN Kampusnya di mana saja?
a. Untuk program DIII keuangan semua spesialisasi, kecuali Bea Cukai: Kampus STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.. Tangsel
b. Untuk program DIII keuangan spesialisasi Bea Cukai:  Jl. Bojana Tirta III, Rawamangun, Jakarta Timur
c. Untuk program DI Keuangan: tersebar di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado

3. Bedanya program D1 dan D3 apa?
a. Lamanya pendidikan: D1 1 tahun (2 Semester). D3 3 tahun (6 semester).
b. Golongan pangkat: D1 golongan II.a. D3  golongan II.c.

3a. Program Spesialisasi/Jurusan di STAN apa aja? Cewek bisa masuk Bea Cukai?
  • Prodip I / IIIKeuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
Cewek bisa masuk Bea Cukai, tetapi hanya untuk Program D1nya.

4. Apakah ada biaya selama pendidikan STAN?!
Ada, tapi hanya sebatas keperluan pribadi, seperti biaya makan, tempat tinggal spti kos/kontrakan (karena mahasiswa STAN tidak diasramakan), beli seragam dll.
Untuk biaya pendidikan, GRATIS alias ditanggung negara. Itulah kenapa kita wajib kerja.

5. Apa setelah lulus D3 atau D1, bisa kuliah lagi?!
 Bisa, lanjut ke S1 atau D4. Dengan ketentuan telah bekerja minimal 2 tahun di instansi yang mana mahasiswa tersebut ditempatkan dan telah mendapat persetujuan untuk kuliah dari kepala kantor. Persetujuan dapat berupa Ijin Kuliah atau Tugas Kuliah.

Ijin kuliah berarti tetap bekerja dan kuliah dilakukan setelah jam kerja (biasanya untuk yang mau kuliah jalur S1). Tugas kuliah sebaliknya, kerja ditunda untuk mengikuti pendidikan, tetapi tunjangan dan gaji dipotong pada besaran tertentu (biasanya untuk yang mau kuliah lanjut D4 STAN)

6. Apakah lulus STAN automatis langsung CPNS?
Tidak automatis. Mari kita telaah kutipan dari website STAN tentang lulusan STAN:"Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku."

Nah, peraturan perundang-undangan yang berlaku sekarang ini adalah: "PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 197 TAHUN 2012TENTANG KEBIJAKAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BAGI JABATAN YANG DIKECUALIKAN DALAM PENUNDAAN SEMENTARA PENERIMAAN CPNS"

Pasal 3 menyebutkan: (1) Setiap pelamar yang memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil wajib mengikuti ujian, kecuali ditetapkan lain peraturan perundang undangan.(2) Ujian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi :a. ujian kompetensi dasar, b. ujian kompetensi bidang dan atau tes psikologi lanjutan.

Meskipun demikian, hal ini tergolong baru karena sebelum ada peraturan tersebut, lulusan STAN akan diangkat langsung menjadi CPNS. Pertanyaannya sekarang adalah, apakah test diangkat menjadi CPNS itu benar-benar "menyaring" lagi, atau hanya mempengaruhi penempatan. Kita belum tahu, karena lulusan 2012 belum ditest. Kita tunggug saja.

7. Bagaimana sistem kuliah di STAN?!
Namanya juga Sekolah, STAN memiliki kurikulum yang tetap untuk program pendidikannya, memiliki sistem kelas, yang tentunya berbeda dengan sistem Universitas. Untuk program D1 keuangan dengan lama pendidikan 1 tahun atau 2 semester, mata kuliahnya telah ditentukan sejak awal tiap semesternya, begitupun untuk D3 selama 6 semester. Dengan kata lain, mahasiswa STAN harus lulus tiap semester dari semua mata kuliah dan terus berada dalam jalur kurikulum, sebab tidak ada pengulangan.

Konsekuensi yang harus diterima ketika menjadi mahasiswa STAN adalah menghadapi masalah D.O. D.O bisa disebabkan banyak hal, yang umum adalah menyontek ketika Ujian, Terbukti melakukan plagirasme ketika membuat Laporan PKL, IP dan IPK semester ganjil dan genap tidak sampai ketentuan minimal, 2,75 dan 2,4, atau bolos lebih dari 3 kali, termasuk sakit dan masih banyak lagi.

Tapi bukan berarti kuliah di STAN tidak santai.
Ada waktu di mana kuliah bisa saja hanya sehari dalam seminggu. Ada waktu di mana banyak acara, baik dari kepanitiaan atau organisasi elkam STAN yang memeriahkan kampus. Ada waktu untuk bersenang-senang dengan teman dari berbagai daerah di Indonesia, traveling, atau sekedar menjalankan hobi. intinya STAN tidak hanya melulu belajar.


[ALL ABOUT USM STAN]

1. Kapan tes USM STAN?
Tes tertulis tanggal 21 Juli 2013  (TPA dan B. Inggris).

Tes kesehatan dan kebugaran tanggal 14-24 Agustus 2013

2. Tes tertulisnya seperti apa ya?
Tes tertulis terdiri dari soal TPA dan B.inggris yang jumlahnya 180 soal. Dikerjakan dalam waktu 150 menit alias 2,5 jam atau setiap 1 soal dikerjakan dalam 50 detik. Berlaku nilai mati, maksudnya harus benar 1/3 dari jumlah masing masing tipe soal: 40 soal untuk TPA, 20 soal untuk B. Inggris.

2a. Apakah tempat tes tertulis USM STAN hanya di Jakarta?
Sebelumnya, perlu diketahui pendaftaran hanya dilakukan melalui website usm.stan.ac.id.
Tetapi tempat verifikasi berkas dan tes tertulis dapat dilakukan dikota kota besar. Untuk lebih jelasnya lihat poin 10 dan 11

2b. Test TPA itu bentuknya seperti apa? matematika ada?
Ada. Matematika dasar.Untuk jenisnya diurutkan dari mudah ke susah:
Kosakata, Sinonim, Antonim, Analogi, Pengambilan Kesimpulan, Soal Gambar, Bacaan Soal Kumulatif, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Kuantitatif

3. Tes kesehatan dan kebugaran seperti apa?
Bentuk kebugaran ada 2: 1. Lari 12 menit, dan lari angka 8. (shuttle run)
Lari 12 menit itu yang dihitung seberapa banyak jumlah putaran yang bisa ditempuh, biasanya cowok 5-6 putaran, cewe 3-4 putaran.

Lari angka 8 itu yang dihitung waktunya. Standarnya itu lapangan sepak bola dan jalur ujian SIM motor.

Bentuk tes kesehatan. Menyerahkan keterangan dokter atau hasil check-up seperti paru-paru. Varises tidak termasuk.

4. Wawancara?
Pertanyaannya akan seputar kehidupan teman-teman, sekolah, organisasi, prestasi, keluarga, dll.

5. Nilai rata-rata 7 itu UAS apa UAN?
Rata-rata 7 itu nilai akhir. Gabungan antara UAS dan UAN.

6. Masalah umur?
Update: Peserta harus lahir antara 1 september 1993 s.d 30 september 1996. Atau intinya dia belum ulang tahun ke 20 sebelum 1 september 2013.

7. Passing grade? Peminat paling banyak?
USM STAN tidak mengenal istilah passing grade. Peserta yang dinyatakan lulus adalah peserta dengan nilai ujian tertinggi se Indonesia.  Oleh karena itu, USM STAN juga tidak mengenal jatah perdaerah.

Misal, tahun 2013 diterima 5000 orang, maka dari sekian banyak pendaftar, hanya 5000 nilai ujian teratas saja yang diterima.

Peminat paling banyak juga relatif dan tidak dapat diketahui dengan pasti. Alternatifnya, peserta dapat memilih spesialisasi yang menampung mahasiswa paling banyak. Akuntansi. Yang paling sedikit jumlah mahasiswanya PBB atau PPLN.

#tips:
Jawab soal usm dengan benar. Kalo ga yakin sama jawabannya mending ga usah
dijawab karena salah -1 sedangkan kosong 0, benar +4.
Untuk dapat tips yang lebih, silahkan datang ke NewtonSix.

8. Kalo masalah tinggi badan?
Pembatasan tinggi badan hanya di program D1 keuangan spesialisasi kepabeanan & cukai dan D3 keuangan kepabeanan & cukai :
Laki-laki : min 165 | Perempuan : min 155
selain spesialisasi Bea Cukai, tidak ada pembatasan tinggi badan.

9. Di formulir pendaftaran, berapa spesialisasi yang dapat dipilih?
Bisa 4 atau 3. Tergantung bentuk formulirnya dan kebijakannya seperti apa. Kemungkinan besar 3.

#tips: Pilihan spesialisasi yang diminati masukkan ke no 1. dan jangan lupa masukkan, mau diurutan 2 atau 3, spesialisasi yang paling banyak kuota mahasiswanya.

10. Kalau saya verifikasi berkas di Jambi, apa boleh saya test di Jakarta?
Tempat test diumumkan setelah hasil verifikasi berkas. Biasanya, tempat test adalah sama dengan tempat verifikasi berkas, diketahui dari BPU (bukti peserta ujian).

#tips: Masalah tempat test tidak akan berpengaruh dengan persyaratan penerimaan. STAN bukan IPDN yang memakai sistem penjatahan daerah. Test di daerah kamu, selama tidak menyontek apalagi tergiur untuk memakai joki. Sekalipun lulus dengan cara curang, yakin bakal keluar dari STAN, kalau tidak saat pendidikan (karena tidak bisa mengikuti pelajaran) atau saat kerja (ketahuan di kemudian hari kalau ternyata melakukan kecurangan)

11. Bagaimana prosuder pendaftaran?!
Secara garis besar dibagi menjadi 3 tahap.
Pembayaran --> Pendaftaran (e-registrasi) via USM.STAN.AC.ID --> Verifikasi berkas/Pengambilan BLU. Untuk lebih jelasnya download pdf pengunguman USM STAN 2013: http://www.kemenkeu.go.id/ind/Read/?type=ixAnn&id=27036&thn=2013&name=PENG-4+SJ+2013.pdf

11a. No Rekening pembayaran USM STAN berapa?!
101.000.665.043.4
Bank mandiri Cabang Bintaro
Atas nama Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN

11b. Bukti setor seperti apa bentuknya?
Setoran tidak dilakukan melalui ATM, tetap melalui setoran langsung ke Bank Umum. Setiap bank umum punya bentuk bukti setor sendiri. Silahkan minta diarahkan untuk menyetor langsung oleh satpam bank umum. Nanti diberikan bukti setor. Ingat! Tulis nama sesuai ijazah di bukti setor.

11c. Apakah melakukan pembayaran melalui bank umum harus punya rekening?!Tidak. Setoran langsung ke bank/transfer dari bank tidak mengharuskan punya rekening. Ingat bawa kartu identitas.

12. Kapan pengunguman jadwal verifikasi?
Akan diumumkan di website STAN.AC.ID pada tanggal 23 Juni 2013.

12a. Kendala apa saja yang sering saat Verifikasi Berkas?!
1. Legalisasi ijazah: tanda tangan kepala sekolah harus basah, bukan stempel.
2. Tinggi badan: bagi yang mau masuk spes BC, pengukur tinggi badan yang disediakan biasanya lebih dari 165 cm.
3. Umur: USM STAN tahun sekarang ketat masalah umur, peserta yang ultah ke 17 setelah 1 septmber 2013, atau ultah ke 20 sebelum 1 september 2013, tidak memenuhi syarat administrasi.
4. Nilai rata-rata

Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan KLIK DISINI

Evinervin

Mari berdiskusi, bertukar pemikiran untuk saling menggenapkan.

70 komentar:

  1. kak emang iya ya kalo ada mahasiswa/i yang di DO terus nanti ada sejumlah nominal uang yg harus dibayar mahasiswa/i itu ke pihak stan? Ya kayak ganti rugi gitu mungkin. Makasih kak.

    BalasHapus
  2. SIngkawang bertanya11 Juni 2013 pukul 15.58

    min saya masih bingung nih kenapa saat tahap terakhir di pendaftaran online,seperti klik kunci pada saat mau mencetak / mengunci hasil pendaftaran online itu gag bisa ya? muncul seperti tulisan Erorr atau website nay begini ya min ?? saya udah coba ke warnet lain tapi tetap sama berarti gag ada masalah di koneksivitas,dan saya coba buat email login baru lagi yang ke dua tetap aja gag bisa ??? dan saya disuruh operator stan mencoba terus tapi tetap aja gag bisa , kenapa ya ,

    apa masalah nya tolong pencerahan nya min.

    sebelumnya thanks min.

    BalasHapus
  3. Muhammad Tihari dari SINGKAWANG KALBAR11 Juni 2013 pukul 16.06

    min saya masih bingung nih kenapa saat tahap terakhir di pendaftaran online,seperti klik kunci pada saat mau mencetak / mengunci hasil pendaftaran online itu gag bisa ya? muncul seperti tulisan
    Oops, an error occured

    This exception has been logged with id 6ehnh6kch.

    atau website nya begini ya min ??
    http://usm.stan.ac.id/application/freeze

    upaya yang saya lakuin udah saya lakuin semua nya yang disuruh ama operator stan.seperti ;

    1 . saya udah coba ke warnet lain tapi tetap sama berarti gag ada masalah di koneksivitas,
    2 . saya coba buat email login baru lagi yang ke dua tetap aja gag bisa ???
    3. dan saya disuruh operator stan mencoba terus waktu jam gag sibuk, tapi tetap aja gag bisa , kenapa ya min ?,

    atau min bisa tolong cek kan id saya ?
    ini id saya muhammadtiharikurniasaptawan@yahoo.com

    apa masalah nya tolong pencerahan nya min.

    sebelumnya thanks min.

    tolong info kan saya min di no hp saya 085250967854
    ato email saya : tiharistan@yahoo.com

    ato balas pesan saya ini di website ini min.

    THANKS BANGET ATAS PERHATIANNYA .

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti belum bisa download BPO ya? kemungkinan websitenya banyak yang akses, coba lagi saja. atau silakan sampaikan pertanyaan kamu disini https://www.facebook.com/groups/245178292196552/doc/527731703941208/ agar bisa lebih banyak yang membantu.

      Hapus
    2. min, sya baru ad SKHU sementara. hanya tertera 6 nilai UN dan 6 nilai UAS. gmn tuh cra ngambil nilainy?

      Hapus
    3. Di link unduh ini lengkap ada tata cara ngitung rata-rata izajah,cara isi e-Registration.
      DOWNLOAD saja yah
      https://www.facebook.com/download/195050193982039/­PetunjukUSM%20STAN%202013.pdf

      Hapus
  4. Min saya mau tanya, kalau nilai US itu mata pelajaran yang di UN kan atau semua mata pelajarannya ?
    Trus kan di e-registrationnya harus mencantumkan no, ijazah sedangkan saya belum menerima ijazah jadi diisi dengan apa ?
    Teri makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di link unduh ini lengkap ada tata cara ngitung rata-rata ijazah, cara isi e-Registration.
      DOWNLOAD saja yah
      https://www.facebook.com/download/195050193982039/­PetunjukUSM%20STAN%202013.pdf

      Hapus
  5. min saya gak ngerti, jadi untuk awalnya setor biasa aja ke bank? baru setelah itu daftar bikin account?
    Apa daftar dulu sama bikin account baru setor tunai?
    saya gak ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. setor tunai dulu, nanti saat ngisi e-registration kamu aka diminta mengisi kolom pembayaran (bank tempat penyetoran dan tanggal penyetoran).Di link unduh ini lengkap cara isi e-Registration.DOWNLOAD saja yah
      https://www.facebook.com/download/195050193982039/­PetunjukUSM%20STAN%202013.pdf

      Hapus
  6. MIN SAYA UD BISA DFTAR

    TRUS SAYA MAU TANYA LAGI

    APAKAH TES TPA / B.INGGRIS NYA SULIT BGT ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya buku kumpulan soal STAN atau pernah ikut try out STAN? kira-kira seperti itulah TPA dan TBI nya. tapi menurut saya yang tidak jago bahasa inggris,yang paling sulit ya TBI nya. tapi semua itu tergantung bagaimana kemampuan masing-masing.

      Hapus
  7. Tihari tihari9@yahoo.com <--- facebook14 Juni 2013 pukul 05.10

    1.oh berarti ada jual contoh / latihan buat tpa n tbi stan 2013/2014 terbaru donk ya kaka ?
    2.kaka admin masuk stan juga >?
    3.kaka tgl 23 itu verifikasi bekasnya sama semua ya waktu verifikasi nya kaka ya ?
    4.kaka hm.. tpa (tes potensi akademik )nya itu soalnya seperti apa ya ?
    5.klo saya tamatan sma apakah bisa ambil bea cukai ?
    6.jurusan yang paling buat org kaya ap ya kak ? hehe pajak ato bea cukai ya ??
    haha klo emg sulit buat masuk stan ya saya berserah diri aj krna saya ud berusaha ya kk.
    klo emg gg masuk stan saya masuk ipdn.
    7.ipdn thun ini kapan pendaftaran ny ya kk ?
    8.kak msuk stan tuh rambutnya boleh panjang kyk korea gitu gg ya ? hehe
    9.dan jurusan yang paling gampang n supaya gag do apa ya kak ?

    BalasHapus
  8. permisi mau tanya
    kemaren saya Daftar Online, tapi saya salahan dalam penulisan nilai. trus saya udah kunci data itu jadinya tidak bisa di ganti. :(

    Gimana bisa di benerin gak?
    mohon solusinya
    Apa aku di anggap Gagal?

    BalasHapus
  9. engga bisa kok, belum gagal!
    coba pakai email yang berbeda insyaallah sih bisa

    BalasHapus
  10. maaf kalau BPOnya belum sempet di download atau di print gimana?

    BalasHapus
  11. kak maaf mau nanya.. kalau bukti pembayaran dari bank hilang gmana kk?

    BalasHapus
  12. admin, bagaimana jika saya menuliskan di bpo 154 cm untuk tinggi badan saya, tp ternyata 152 cm tinggi badan saya .
    saya kmrin mengukurnya di SD terdekat.
    gmna nanti saat verifikasi ?

    BalasHapus
  13. min, kira2 lebih baik pilih d1 atau d3 pajak ? soalnya kmarin adik saya pilihan pertama d3 pajak...

    BalasHapus
  14. Kak, apa tes kesehatan nanti hanya buat yg milih bea cukai, atau untuk semua spesialisasi?

    BalasHapus
  15. kaka admin jurusan di STAN bisa dirubah gak?? soalnya kemarin pass daftar salah mengisi jurusan

    BalasHapus
  16. Adminn. Di stan itu ada seragam khusus atau baju berkerah biasa seperti kuliah pada umumnya?. kalo ada, berapa biaya seragam tersebut?

    BalasHapus
  17. Adminn. Di stan itu ada seragam khusus atau baju berkerah biasa seperti kuliah pada umumnya?. kalo ada, berapa biaya seragam tersebut?

    BalasHapus
  18. fotonya yg punya blog awkwakwak

    BalasHapus
  19. Mf y min.sya mau tnya klo surat bukti pmbyran boleh ikut verifikasi gk?

    BalasHapus
  20. min mau tanya kalo jadwal verivikasinya bisa dimajuin atau dimundurin gak ?

    BalasHapus
  21. Min, untuk masuk prodip III perpajakan, cewek diperbolehkan atau tidak? Kalau diperbolehkan kampusnya diwilayah mana ya? Terima kasih mohon jawabannya

    BalasHapus
  22. Min, untuk masuk prodip III perpajakan, cewek diperbolehkan atau tidak? Kalau diperbolehkan kampusnya diwilayah mana ya? Terima kasih mohon jawabannya

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Kak bagaimana jika email balasan dari stan yang berisi username dan password tidak kunjing masuk ke email saya?

    BalasHapus
  25. Min, kalo salah masukin nomer hp di formulir pendaftaran stan gimana cara ubahnya ? Trs pengaruh gk sama tes masuk kita nanti ? Makasih

    BalasHapus
  26. Min, kalo salah masukin nomer hp di formulir pendaftaran stan gimana cara ubahnya ? Trs pengaruh gk sama tes masuk kita nanti ? Makasih

    BalasHapus
  27. min, saya sudah daftar. sudah dapat tanda bukti pendaftaran juga. tapi waktu login, kenapa tulisannya belum terdaftar?

    BalasHapus
  28. ka, kalau udah daftar STAN terus waktu pembyaran dibank ga bisa bisa , itu gimna ya ka??

    BalasHapus
  29. Selamat siang , saya mau bertanya , saya lulus angkatan tahun 2016 ini , saya telah membeli buku Prepare USM PKN StAN 2016 ,saat saya berkunjung kesana untuk lapor data yg salah saat pendaftaran , apakah saat Ujian tertulis nanti soal USM itu sama PERSIS dengan yang ada di buku PREPARE USM PKN STAN / hanya materinya yg sama tapi soalnya berbeda? Mohon dijawab ^^

    Terimakasih atas perhatian Saudara

    BalasHapus
  30. informasinya sangat bermanfaat mbak..semangat untuk terus berkarya mbak

    BalasHapus
  31. Terima kasih untuk informasinya, bermanfaat banget bagi adik adik yang ingin ke STAN, kalau bisa sharing juga Soal STAN dan Pembahasan

    BalasHapus
  32. kak, saya boleh nanya apa ada ketentuan tinggi badan bagi perempuan untuk masuk diploma 3 di STAN?
    please dibales ya kak, terimakasih:)

    BalasHapus
  33. Kak, klo mau masuk STAN jurusan pajak, itu sma nya lebih baik milih ipa atau IPS ya?

    BalasHapus
  34. Kak, klo mau masuk STAN jurusan pajak, itu sma nya lebih baik milih ipa atau IPS ya?

    BalasHapus
  35. Izin bertanya kak nilai rata2 ujian tulis itu nilai un aja atau nilai ujian sekolah,,?? Atau keduanya di jumlahin baru di rata2??

    BalasHapus
  36. Izin bertanya kak nilai rata2 ujian tulis itu nilai un aja atau nilai ujian sekolah,,?? Atau keduanya di jumlahin baru di rata2??

    BalasHapus
  37. mau nannya ni kak, saya udah registrasi di panselnas, tapi ketika saya login selalu gagal , padahal saya sudah terdaftar?

    BalasHapus
  38. ka , kenapa BPO saya ga muncul2? saya udah coba dibeberapa laptop juga tetep sama , ga keliar juga itu BPOnya. kalo kaya gitu kenapa sih ka kenalanya? butuh jawaban kaka banget. makasih ya ka

    BalasHapus
  39. kak ini kok saya klik kunci data nggak muncul bpo nya ya? ada dataa yg salaah ato kenapa?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  40. Kak, prioritas jurusan waktu daftar itu harus milih semua? Minimal bolehnya berapa?

    BalasHapus
  41. Kak jika ada data yang salah tetapi sudah diverifikasi saat pendaftaran onile, lalu bagaimana memgantinya?

    BalasHapus
  42. kak saya kok ga bisa masuk buat daftar stan di panselnas ya? pdahal udh dimasukin nik saya sm ortu trs nmr nik keluarga nmrnya udh bener kok tapi halamannya keulang ulang trs

    BalasHapus
  43. Min mau nanya kan saya udah daftar di panselnas nah terus wktu lanjut ke laman stan buat daftar e-registration lembar pendaftarannya ga muncul. Apa wajib bayar dulu baru bs muncul lembarnya min?

    BalasHapus
  44. Bagaimana jika nama sekolah salah di BPO??
    Tolong di jawab.terima kasih

    BalasHapus
  45. kak kalo yang jurusan yang diminati mesti harus sesuai urutan dari D1 atau engga ? makaasih kak. tolong di bales ya

    BalasHapus
  46. Kalau No identitas raport salah gimana?apakah bisa mengulang lagi daftar ke STAN?mohon infonya:(

    BalasHapus
  47. Kalau No identitas raport salah gimana?apakah bisa mengulang lagi daftar ke STAN?mohon infonya:(

    BalasHapus
  48. Kak mau nanya ni, kan saya sudah isi data di lembaga STAN sudah di kunci terus simpan nah pas mau ngeprint BPO ada tulisan "an error occurred while processing your request" udah saya coba berkali-kali tapi tetap juga eror?
    Trus pas saya mau cetak BPO setelah sign out sudah tidak bisa lagi nyetak

    Mohon dijawab yah kak

    BalasHapus
  49. Kak mau nanya ni, kan saya sudah isi data di lembaga STAN sudah di kunci terus simpan nah pas mau ngeprint BPO ada tulisan "an error occurred while processing your request" udah saya coba berkali-kali tapi tetap juga eror?
    Trus pas saya mau cetak BPO setelah sign out sudah tidak bisa lagi nyetak

    Mohon dijawab yah kak

    BalasHapus
  50. Kak mau nanya ni, kan saya sudah isi data di lembaga STAN sudah di kunci terus simpan nah pas mau ngeprint BPO ada tulisan "an error occurred while processing your request" udah saya coba berkali-kali tapi tetap juga eror?
    Trus pas saya mau cetak BPO setelah sign out sudah tidak bisa lagi nyetak

    Mohon dijawab yah kak

    BalasHapus
  51. kk bpo yng di donlod terhapus kk.,blum sempat di cetak terus masih bisa di download nggak kk

    BalasHapus
  52. min mau nanya , klo kita udah dftar dipnselnas stan , trus mau ngisi formulir di e registration nya ngk bisa", boleh dignti gak iktn dinas nya ?

    BalasHapus
  53. Selmat siang .sy mw bertanya apakaa jadwal vrfikasinya bisa diundurkan apa tidak.masalhnya sy mndpat vrifkasinya tgl 3 bertptan dg Ujian nasiona.apakah bisa diundurkan stelah ujian nasional.terimah kasih

    BalasHapus
  54. Min, kan prodi bc tdk boleh cacat, berarti yang selain bc boleh?. Terus selama kakak menempuh pendidikan adakah mahasiswa stan yang cacat?

    BalasHapus
  55. min, saya anak ipa . dan salah satu peminatan saya ada yang merah, apakah saya bisa mendaftar di stan? Lalu, urutan penerimaan siswanya berdasarkan usm atau rata-rata rapor? terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  56. ka kalau misalnya nilai akhir dibawah 7 itu udh termasuk gugur?

    BalasHapus
  57. Kak?? Kalau pajak bumi bangunan buat perempuan bisa kak?

    BalasHapus
  58. min,cara unduh bpu nya gimana ?

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. min, saya ada kesalahan mengirim foto di poendaftaran pertama. saya hanya foto pribadi tanpa surat surat penyerta. apakah saya sudah gugur di awal karena tidak dapat diganti?

    BalasHapus
  61. Kak kalo bacground nya salah gimana nya

    BalasHapus
  62. Gimana ya kak pas ngrimin foto kan seharusnya warna merah backgroubd nya tapi ak warna abu abu gimana ya kak ??

    BalasHapus